Blogger news

You are reading eza's blog

Biarkan Aku Berdiri Sendirian

Biarkan Aku Berdiri SendirianBiarkan Aku Berdiri Sendirian by Rachel Corrie
My rating: 3 of 5 stars


Salah satu kapal yang akan mengirim bantuan ke Gaza itu bernama "Rachel Corrie" tadinya aku pikir Rachel Corrie adalah si pemilik kapal, aku pikir ia orang kaya narsis yang ingin memberitahukan kepada dunia bahwa ia pemilik kapal. Tetapi aku salah, alih-alih nama seorang jutawan, Rachel Corrie ternyata aktivis kemanusiaan yang tewas di Gaza palestina karena terlindas buldozer saat mencegah buldozer milik Israel menghancurkan rumah penduduk Gaza.

Hal menarik dari buku ini adalah memahami pola pikir seseorang yang memilih jalan hidup yang tidak biasa, terutama bagi seorang amerika seperti Rahel Corrie. Hal lainnya adalah bagaimana seorang Amerika bisa memiliki sudut pandang yang begitu berbeda tentang konflik palestina dari kebanyakan warga amerika dan pemerintahnya yang turut andil dalam konflik ini.

Buku yang versi bahasa indonesia ini setebal 526 halaman ini butuh waktu agak lama untuk membacanya hingga akhir, karena beberapa bagian dari buku ini sangat sulit dimengerti. Cara menerjemahkan buku ini aku rasa ada yang tidak pas. Sebagai jurnal pribadi seseorang aku rasa penterjemah terlalu kaku dalam men-translatenya ke dalam bahsa Indonesia, sehingga terjadi kesulitan dalam membacanya seperti yang aku alami.

View all my reviews

Posting Lebih Baru Posting Lama

2 Responses to “Biarkan Aku Berdiri Sendirian”

ysvina mengatakan...

gw dah lama pengen baca buku itu, tapi nga nemu ei. lu punya, kapan2 pinjam ya. gw punya kumpulan2 suratnya tentang perdamaian dan palestina. surat itu ditulis sejakl ia mulai tumbuh remaja sampai ia menjalani kehidupan di palestina

eza mengatakan...

isi bukunya ya itu... kumpulan diarynya dari kecil sampai korespondensinya saat tinggal di palestina. lo maen aja ke rumha w yel, ntar lo boleh pinjem..!!