Blogger news

You are reading eza's blog

THE NEKAT TRAVELLER : ADMIRE BADUY ETHNIC



Nekat traveller alias petualangan yang nekat adalah gambara tepat untuk perjalanan ke suku baduy di daerah Banten. Bermodalkan catatan perjalanan orang lain yang dipublish di blogspot, kami bertiag, aku, Yeli dan teman hospitality club bernam eva, nekat melaju ke daerah rangkas dengan kereta ekonomi jurusan merak hanya dengan membayar 4000 rupiah saja. Malang bagi Eva... yang ku pikir biasa bersusah payah demi sebuah petualangan, panas dan sesak karena saat itu adalah libur panjang untuk 17 agustusan. berkali-kali nona batak itu menghardik siapapun yang membuat perjalanan tidak nyaman itu menjadi lebih tidak nyaman.

Setelah tiga jam perjalanan, kami sampai di Stasiun Rangkas. Dandanan kami yang tidak biasa karena mengangkut backpack dipunggung, membuat sejumlah orang bertanya-tanya tujuan kami sebenarnya, termasuk seorang penjual minuman tempat kami membeli bekal air minum.
KAmi jelaskan tujuan kami dan alangkah kagetnya bapak oenjual minum ini mendenagr penjelasan kami.

"3 perempuan, mau ke suku baduy..???" decak si BApak terkagum-kagum.

kami bertiga cengengesan, sedikit bangga akan kenekatan kami.

kami berlalu menuju angkutan umum yang akan membawa kami ke terminal Aweh.

Di terminal Aweh ini, kami bertemu dua orang pria yang juga menanyakan tujuan kami, sedikit terperangah ia menanggapai keinginan kami. Sampai akhirnya slaah-satu dari mereka meberikan wejangan-wejangan dan beberapa nasihat serta resiko jalan-jalan ke Suku Baduy.
Ku amati wajah Yeli, pucat, terbengong-bengong, dan kurasa ia baru menyadari kenekatannya.

"Mumpung masih di kota, ayo pulang kalau mau pulang" kataku.

Yeli hanya tersenyum sipu... sudah terlanjur. terus aja. Ia mulai tersenyum.
Aku pun hanay bisa tertawa. menertawakan watak kami yang agak nekat.

"Lanjut Mang...!!" teriakku ke pak sopir.

Dan hari itu, 2 jam lagi kami habiskan di angkot L300, demi menyaksikan sendiri kesederhanaan suku baduy jauh dipelosok Banten.

ESTIMASI BIAYA

Urusan Travelling selalu mentok di biaya. Maka ketika akan melakukan perjalanan, maka bayangan rupiah yang harus dikeluarkan haruslah jelas. Dari catatan blogger yang kami jadikan pedoman, maka estimasi biaya sekitar 160.000 rupiah. Berdasarkan pengalaman yang lalu, kami tidak pernah mendapatkan cost yang nyaris sama dengan estimasi mula. Biasanya cost yang kami keluarkan lebih mahal lagi. Tetapi untuk perjalanan kali ini, yang juga berkat blogger yang telah meng-record tripnya sedemikian rupa sehingga estimasi biaya nyaris tepat dengan pengeluaran actual.

Kereta : Kota-rangkas : 4000
Angkot : stasiun rangkas-terminal aweh : 3000
Angkot : Terminal aweh - ciboleger : 20000
Ojek : Ciboleger - Gerbang perkampungan Baduy : 20000
Penginapan : 35000
Makan n minum dll : 30000
Total : 159000


Posting Lebih Baru Posting Lama