Blogger news

You are reading eza's blog

ALIVE

Alive, 16 Orang - 72 Hari di Neraka SaljuAlive, 16 Orang - 72 Hari di Neraka Salju by Piers Paul Read
My rating: 4 of 5 stars

Alive, Menceritakan pengalaman enam belas orang yang selamat dari kecelakaan pesawat di pegunungan Andes yang sejauh mata memandang hanya terdapat salju, salju dan salju. Tidak ada tanaman yang tumbuh atau binatang yang dapat diburu untuk bertahan hidup.

Oktober 1972, Pesawat angakatan udara Uruguay terbang membawa tim Pemain Rugbi, sehingga hampir seluruh penumpang pesawat itu saling kenal satu sama lain, mengalami kecelakaan di pegunungan Andes. Mereka yang selamat memanfaatkan sisa-sisa makanan dalam badan pesawat untuk bertahan hidup. Ketika makanan mereka habis sedangkan bantuan belum kunjung tiba, mereka diharuskan untuk mengambil keputusan tersulit yang mungkin harus mereka hadapi seumur hidup mereka, yaitu memakan daging penumpang yang telah meninggal dunia, yang tidak lain merupakan teman mereka sendiri.

Selamat dari dinginnya Andes, tidak lantas membuat perjuangan mereka berhenti. Justru judgement masyarakat, teman, bahkan keluarga sendiri tentang kenyataan mereka memakan daging temannya yang telah mati adalah tekanan batin yang sesungguhnya.

Ini menjadi satu-satunya buku bagus yang tidak aku baca lebih dari satu kali karena terakhir aku membacanya aku tidak bisa makan seharian. Padahal si penulis sudah menceritakan kisah kanibalisme yang terjadi dengan sedemikian rupa, agar tidak terlihat sepeti kanibalisme ala monster. Alur cerita yang mudah dipahami, mudah dihayati membuat aku juga mudah membayangkan apa yang terjadi di Andes sana. Dan Piers Paul Read juga tidak terjebak dalam opini pribadi mengenai kontroversi kejadian ini,sehingga cerita mengalir begitu saja dan menambha daya tarik buku ini.

Posting Lebih Baru Posting Lama

4 Responses to “ALIVE”

AstyNNS mengatakan...

Penasaraaaaaannnnnnnn...pengen beli bukunya ;)

eza mengatakan...

manatapsss ti...!!

~Serendipity~ mengatakan...

Aku nonton versi filmnya, mbak. Memang luar biasa sekali semangat mereka semua. Awalnya aku tak menduga kalau film itu diangkat dari kisah nyata. Tapi di akhir film dijelaskan kalau kejadian itu memang nyata. Aku juga sudah menuliskan sinopsisnya di blog filmku. Sama sekali tidak membosankan. Bisa ditonton berulang-ulang :)
Risma

eza mengatakan...

walllahhh... aku malah susah gt dapetin film'a. karena sudah baca bukunya jadi pengen bgt lihta flmnya